Gimana Sih Cara Menjadi Pemasar yang Baik ??
Pasti Susah Banget Dong ?
Singkirkan Pertanyaan - Pertanyaan Itu Mulai Dari Sekarang
Karena Kali ini Saya Akan Membahas
10 Tips Cerdas Marketing Ala Veronica Ratna Ningrum :D
Siapa Tuh Veronica Ratna Ningrum ?
Veronica Ratna Ningrum, adalah seorang ahli
marketing sekaligus konsultan marketing.
Itu Cuma Sekilas Tentang Veronica Ratna Ningrum.. Untuk Lebih Detail Kalian Bisa Cek Di Mbah Google :p
Tanpa Basa Basi lagi, Nih Tipsnya :D Cekidrottttt
Berikut adalah 10 tips cerdas marketing ala
Veronica Ratna Ningrum:
- Jadilah MATA-MATA. Seorang pelaku marketing
harus mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar, maka jadilah mata-mata di pasar
Anda. Menurut Veronica, kebutuhan pasar menjadi penuntun kesuksesan marketing
Anda. Jika seorang pelakumarketing tidak memedulikan kebutuhan pasar, maka sama
dengan mencari kepuasan pada diri sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat
usahanya.
- Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya
seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut Veronica, customer-lah yang akan
menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa dibayangkan ketika seorang customer
kecewa dengan pelayanan kita, kemudian menyampaikan kekecewaaannya kepada
khalayak, maka citra perusahaan akan jatuh. Belum lagi kehilangan pelanggan,
akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan sebuah bisnis.
- Jadilah EKSEKUTOR. Menurut Veronica,
seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar
membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu
keputusan yang akan dilakukan.
- Pertajam INTUISI. Pelaku marketing harus
memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing
tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa
sukses, dan bagaimana memuaskan klien.
- Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi
salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey
pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat
konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari
perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta
untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
- Lakukan SURVEI KOMPETITOR. Terkadang
seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat
kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan
keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing.
Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau
memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk
serta menjaring minat konsumen.
- Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia
marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini
akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan
kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.
- Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah
selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang
kesuksesan bisnis.
- Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara
customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan
solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan
cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
- Berikan EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.
dan Itulah 10 tips cerdas dari Veronica Ratna Ningrum, Tips Tersebut membuat saya semakin paham atas konsep marketing yang benar
dan benar-benar menjual. Semoga anda pun setuju dengan saya dan marilah
kita segera merancang diri kira sebagai marketing yang handal untuk
memasarkan talenta yang kita miliki sehingga orang dengan senang hati
untuk bekerja sama dengan kita.
Contact Me :
hansenzz95@gmail.com / 7DD86BC3
0 komentar:
Posting Komentar